Jumat, 28 Oktober 2016

25 JAM 46 MENIT YANG TAK TERLUPAKAN



Ini merupakan projek kesehatan dan pembiasaan yang saya lakukan pada siswa TK-B Tangan Pengharapan Desa Kai, Kecamatan Kao Barat, Halmahera Utara. Dua projek ini saya lakukan perdana pada tanggal 22 Oktober 2016 pukul 05.30 hingga tanggal 23 Oktober 2016 pukul 07.16. Dalam pelaksanaan projek kesehatan saya melatih anak-anak untuk menyikat gigi sehabis sarapan pagi dan mandi memakai sabun mandi.
Projek kesehatan ini saya fokuskan pada kesehatan gigi dan badan karena sangat kurangnya kesadaran menyikat gigi dan memakai sabun akibatnya gigi anak-anak tidak sehat dan timbulnya berbagai penyakit kulit. Projek ini saya awali dengan sarapan bersama pisang goreng buatan saya dan anak-anak, dan di lanjutkan dengan membagi sikat gigi dan menyikat gigi bersama dan di lanjutkan dengan mandi bersama memakai sabun di air pancoran yang sangat jernih.
Projek pembiasaan yang saya maksudkan adalah melatih siswa khususnya ke Sembilan anak TK-B agar memiliki jadwal kegiatan harian yang berdampak positif saat mereka berada di rumah. Awalnya saya mengumpulkan anak-anak dengan menjemput mereka di rumah masing-masing dan di lanjutkan dengan berolahraga bersama. Setelah berolahraga kami membuat sarapan pagi pisang goreng dan teh. Sesudah sarapan kami menyikat gigi bersama dan membersihkan badan dan dilanjutkan dengan belajar membaca. Selanjutnya kami mandi memakai sabun di salah satu sumber mata air yang sangat jernih dengan berjalan kaki menurun selama 7 menit. Anak-anak kembali kerumah mereka untuk makan siang dan istirahat. Pukul 16.00 anak-anak kembali berkumpul untuk belajar bersama dan dilanjutkan dengan menonton Film Laskar Pelangi. Pukul 18.30 anak-anak kembali kerumah untuk makan dan beristirahat. Tak lupa saya ingatkan anak-anak untuk menyikat gigi sebelum tidur malam. Tepat pukul 05.30 kami kembali berkumpul dan berolahraga pagi.
Ini merupakan projek yang berkesan bagi saya karena banyak hal positif yang dapat saya bagikan buat anak-anak dan masyarakat. Ini juga pertama kali saya dapat tinggal dirumah warga dan melihat dari dekat kehidupan dan kebiasaan masyarakat. Projek ini akan terus saya lakukan di minggu-minggu selanjutnya. Dengan menetap langsung di rumah warga juga membuat hubungan kekeluargaan dengan masyarakat semakin kuat.
Ayo kita mandi ...
Pisang Goreng Untuk Sarapan Pagi sesudah olahraga
Ayo minum teh
Ayo sikat gigi setelah sarapan pagi
Ayo pergi kita menuju pancoran
Ayo mandi pake sabun
Makan siang
Pisang Goreng di sore hari
Menonton Film, sesudah belajar sore
Ayo istirahat malam, jangan lupa sikat gigi sebelum tidur


Tidak ada komentar:

Posting Komentar