Sabtu, 08 Oktober 2016

MENGENAL BUNGA, FLC KAI BAWAH, HALMAHERA UTARA_2016

Saat melaksanakan kegiatan belajar mengajar saya meminta siswa FLC membawa langsung bunga. Sesudah memberikan penjelasan singkat saya meminta murid untuk menggali materi dari buku bacaan yang disediakan dan juga menggambar bunga yang mereka bawa. Mereka kemudian di minta untuk tampil satu-satu kedepan untuk mempresentasikan bagian-bagian bunga dengan menggunakan objek nyata. Siswa yang sudah tampil dengan memberikan penjelasan dengan baik, selanjutnya diberi tugas untuk membimbing teman yang belum paham. Sesudah membimbing teman mereka selanjutnya bertukar pasangan dan saling bergantian melakukan presentasi didepan kelas secara individual dan dilanjutkan dengan tampil bersama rekan siswa yang tadinya bertindak sebagai guru. Sebagai kegiatan penutup siswa melakukan lomba cerdas cermat.
Pelajaran IPA ini berjalan dengan baik dengan tampilnya semua siswa. Semua siswa mampu mengingat materi hari ini dengan baik, hal ini terlihat dari semua siswa yang mampu menjelaskan materi dengan baik. Walau tidak semuanya tampak percaya diri untuk maju kedepan, setidaknya mereka sudah berusaha. Saya yakin pelan-pelan mereka akan semakin baik. Dari semua siswa saya sangat menonjol adalah “Marlin Domo”, Ia sangat bersemangat untuk belajar dan tampil percaya diri untuk melakukan presentasi.  Adapun ringkasan materi yang di pelajari oleh anak tentang bunga adalah :
Bunga pada tumbuhan berbagai macam bentuk dan warnanya. Ada bunga yang berwarna putih, kuning, merah, dan ungu. Fungsi atau kegunaan bunga  adalah sebagai alat  berkembang biak. Bunga dapat dibedakan menjadi dua, sebagai berikut :
1)      Bunga tidak sempurna. Bunga yang hanya mempunyai benang sari saja atau putik saja. Bunga yang hanya mempunyai benang sari saja disebut bunga jantan. Bunga hanya mempunyai putik saja disebut bunga betina.
2)      Bunga sempurna. Bunga yang mempunyai benang sari dan putik. Bunga sempurna terdiri dari bagian-bagian sebagai berikut :
  •  Tangkai bunga, yaitu bagian yang menghubungkan antara batang dengan bunga.
  •  Kelopak bunga, yaitu bagian yang gunanya untuk melindungi ketika bunga masih kuncup. Kelopak bunga berwarna hijau, bentuknya menyerupai daun. Kelopak bunga akan membelah bila bunga mekar
  •  Mahkota bunga, yaitu bagian bunga yang indah. Mahkota biasanya bentuknya menarik dan berwarna-warni. Mahkota bunga berguna untuk menarik perhatian serangga.
  • Benang sari, yaitu alat kelamin jantan bunga, berguna sebagai alat perkembangbiakan.
  • Putik, yaitu alat kelamin betina bunga. Berguna sebagai alat perkembang biakan
 Arianto_S, Guru Pedalaman YTPI Halmahera Utara, 2016

Penampilan Marlin Domo
Tutor Sebaya




Tutor Sebaya
Tutor Sebaya
Tutor Sebaya
Teman yang bertindak sebagai guru tampil bersama murid (Teman sebaya yang di ajar)
Anak-Anak Menggali sendiri ilmu setelah mendapat gambaran materi dari guru
Anak-anak Tampil secara berkelompok
Games
Siswa Tampil Secara Individual

Tidak ada komentar:

Posting Komentar